Jumat, 16 Januari 2015

ARSITEKTUR KOMPUTER DAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA



1.        ARSITEKTUR KOMPUTER
Arsitektur komputer adalah sebuah ilmu untuk tujuan perancangan sistem komputer. Tujuan seorang arsitek komputer  adalah merancang sebuah sistem dengan kinerja yang tinggi dan biaya yang layak dan memenuhi persyaratan- persyaratan lainnya. Arsitektur komputer ini merupakan rencana cetak biru dan deskripsi fungsional dari kebutuhan bagian perangkat keras yang di desain.
Adanya arsitektur komputer kita bisa merancang sistem yang ada dalam komputer itu sehingga kita bisa membuat suatu gambaran tentang bagaimana seseorang dapat mengaplikasikan komputer ke bentuk pekerjaan yang diinginkan agar kita dapat mengaplikasikan komputer dalam pekerjaan dengan lebih mudah, cepat dan biaya yang sedikit.

2.        STRUKTUR KOGNISI MANUSIA
Menurut Ahmad (2004) struktur adalah gabungan  beberapa anggota yang disambungkan antara satu sama lain untuk menanggung beban yang akan digunakan ke atasnya, selanjutnya memindahkan beban tersebut ke tanah. Dan kognisi menurut Dewanto, dkk (2007) adalah suatu kegiatan fikiran , saat seseorang sadar akan objek suatu pemikiran atau persepsi.
Struktur kognisi manusia adalah konsep pikiran manusia yang akan dijalankan untuk mencapai suatu tujuan sebuah pekerjaan atau proses pemikiran manusia yang sudah disiapkan sedemikian rupa dengan menggunakan persepsi dan pemikiran dasarnya.

3.        KAITAN STRUKTUR KOGNISI MANUSIA DAN ARSITEKTUR KOMPUTER
Kaitan antara struktur kognisi manusia dan arsitektur komputer adalah saling berkaitan. Karena struktur kognisi manusia terdapat sebuah pola pemikiran yang telah tersusun dan akan bisa dijalankan sesuai perintah dan kemauan manusia itu sendiri. Maka dari itu arsitektur komputer juga merupakan rancangan dari sistem – sistem komputer yang digabungkan menjadi sebuah perangkat dan bisa dijalankan sesuai perintah pemakainya.

4.        KELEBIHAN DAN KELEMAHAN ARSITEKTUR KOMPUTER TERHADAP SISTEM KOGNISI MANUSIA
Kelebihan arsitektur komputer : (Ririn 2013)
·         Memiliki processor yang berjumlah lebih dari satu
·         Bisa digunakan oleh banyak pengguna (multi user)
·         Dapat membuka beberapa aplikasi dalam waktu yang bersamaan
·         Kecepatan kerjanya hingga 1 GOPS
Kekruangan arsitektur komputer :
·         Karena ukurannya besar maka diperlukan ruangan yang besar untuk menyimpannya.
·         Harganya sangat mahal
·         Interface dengan pengguna masih menggunakan teks
·         Membutuhkan daya listrik yang cukup besar

Kelebihan sistem kognisi manusia : (Ririn 2013):
·         Struktur kognisi lebih sistematis sehingga memiliki arah dan tujuan yang jelas
·         Banyak memberi motivasi agar terjadi proses belajar
·         Mengoptimalisasikan kerja otak secara maksimal
Kekurangan sistem kognisi manusia :
·         Membutuhkan waktu yang lama
·         Sulit mengaplikasikannya ke dalam kehidupan sehari – hari karena tergantung masing – masing dalam mengoptimalkan cara berpikir seseorang.

5.        Contoh kasus
Arsitektur komputer menurut saya adalah pengembangan dari struktur kognisi manusia yang diaplikasikan ke dalam sebuah jaringan. Agar manusia mendapatkan bantuan untuk mengerjakan suatu pekerjaan yang mungkin sulit dijangkau oleh manusia dan di tuangkan dalam bentuk jaringan komputer. Misalnya saat manusia membaca dan menuliskan tugas ke dalam bentuk tulisan atau lisan dalam bentuk data, manusia itu mencatatnya serta mengingat lisan- lisan tersebut tetapi manusia tersebut sudah tidak bisa mencangkup dan mnyimpan semua data tersebut maka arsitektur komputerlah yang berperan penting dalam kegiatan tersebut, contohnya saja manusia bisa mengetikan dan merekam data – data ke dalam komputer maka pekerjaannya pun akan lebih mudah dan efisien. Contohnnya saja CPU pada komputer mewakilkan sebagai otak manusia.

REFERENSI  :
Ahmad, Y. 2004. Teori Struktur. Malaysia : UTM.
Dewanto, G., dkk. 2007. Panduan Praktis Tata Laksana Penyakit Syaraf. Jakarta : Buku Kedokteran EGC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar