Jumat, 16 Januari 2015

SISTEM INFORMASI PSIKOLOGI



NAMA   : DEA RIYANTI
NPM      : 18511136
KELAS  : 4PA10


1.                       A. Pengertian Informasi
·       Menurut Mcleod dan schell informasi adalah salah satu jenis utama sumber daya yang tersedia bagi manajer informasi . informasi dapat dikelola seperti halnya sumber daya yang lain, dan perhatian pada topik dan bersumber dari dua pengaruh. Dan menurut Amsyah (2005), informasi adalah data yang sudah diolah ke dalam bentuk tertentu sesuai dengan keperluan pemakaian informasi tersebut.
·    Data yang diolah menjadi sesuatu yang berguna bagi si penerima maksudnya yaitu dapat memberikan keterangan atau pengetahuan. Dengan demikian yang menjadi sumber informasi adalah data.

B. Bagaimana pengertian informasi sehingga dapat berinteraksi dengan sistem ?
·      Sistem adalah kumpulan dari elemen- elemen yang berinteraksi untuk mencapai suatu tujuan tertentu sebagai suatu kesatuan. Jadi informasi dapat berinteraksi dengan sistem itu karena adanya elemen – elemen yang terdapat dari sistem itu sendiri. Elemen sistem adalah bagian terkecil sistem yang dapat diidentifikasi. Mengidentifikasi sistem bisa berupa data - data tersebut adalah sumber dari informasi agar informasi dapat bersatu melalui elemen – elemen sistem. Dan informasi yang tersedia bisa tersampaikan melalui sistem tersebut.

2.                 C.  Pengertian dari sistem informasi psikologi
·  Menurut Gaol (2008), sistem informasi adalah untuk mendapatkan pemahaman bagaimana manusia membuat keputusan merasa dan menggunakan informasi formal.
·     Sedangkan psikologi menurut Dakir (1993) adalah psikologi membahas tingkah laku manusia dalam hubungannya dengan lingkungannya.
·     Jadi sistem informasi psikologi adalah cara manusia untuk mendapatkan pemahaman bagaimana manusia membuat dan mengambil keputusan sesuai tingkah laku manusia untuk mendapatkan suatu sumber data informasi yang ada di lingkungannya.

D. Bagaimana penggunaan sistem informasi dalam psikologi
·    Menggunakan sistem informasi dalam bidang psikologi adalah dengan menentukan keputusan yang akan diambil sesuai kebutuhan manusia itu sendiri agar mendapatkan sebuah informasi dari lingkungan yang besar dan mengolahnya dalam sistem yang sederhana agar mendapatkan tujuan seorang manusia itu sendiri dalam cara berinteraksi dan berperilakunya di masyarakat atau lingkungan sekitar.

REFERENSI :
Amsyah, Z.(2005). Manajemen Sistem Informasi. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.
Dakir. (1993). Dasar – Dasar Psikologi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Gaol.C.J.L. (2008). Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Grasindo.
Mcleod, Jr, R., Schell, G. Edisi Kedelapan. Sistem Informasi Manajemen. Jakarta : Indeks.
Muryanto, A. (2009). Sistem Informasi Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar